Senin, 26 September 2016

TATA TERTIB SD PLUS HANG TUAH 4 2016/2017

TATA TERTIB SD PLUS HANG TUAH 4

I. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)
1.         Seluruh siswa masuk sekolah pukul 07.00 WIB dari hari Senin – Jumat.
2.         Kegiatan belajar mengajar diawali dan diakhiri dengan berdoa.
3.         Siswa kelas III – VI pulang sekolah pukul 14.00 WIB. Untuk siswa kelas I dan II yang pagi masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 09.45 WIB. Siswa kelas I dan II yang siang masuk pukul 09.45 WIB dan pulang pukul 12.30 WIB.
4.         Mulai hari Senin, 26 September 2016 akan diberlakukan one gate (satu pintu) yaitu pintu gerbang utama untuk akses masuk dan keluarnya siswa, guru, dan orang tua.
5.         Siswa dan guru yang terlambat / datang setelah bel masuk berbunyi tidak diperbolehkan masuk kelas sebelum mendapat izin dari guru piket atau kepala sekolah dan boleh masuk setelah kegiatan upacara, senam, dhuha dan apel selesai.
6.         Bagi siswa dan guru yang terlambat akan mendapat bimbingan dari kepala sekolah dan  guru piket.
7.         Untuk orang tua / pengantar dimohon mengantar hanya sampai di pintu gerbang.
8.         Bagi orang tua tidak diperkenankan masuk ke dalam kelas, kecuali pada saat jam istirahat dan setelah bel masuk istirahat berbunyi, orang tua diharapkan untuk berada di luar lingkungan sekolah.
9.         Untuk mengantar makanan dapat dilakukan pada saat jam istirahat yaitu :
a. Istirahat pertama     : Pukul 08.45 – 09.00 WIB (Rabu dan Jumat : Pukul 09.00–09.15)
b. Istirahat kedua        : Pukul 10.45 – 11.00 WIB
c. Istirahat Ekskul       : Pukul 12.30 – 12.45 WIB
10.     Orang tua wali murid dapat menunggu di luar lingkungan sekolah.
11.     Siswa mengikuti pelajaran sesuai dengan jadwal yang berlaku yang telah ditentukan oleh wali kelas masing-masing.
12.     Siswa wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Komputer, Agama Islam dan Bahasa Inggris sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari Senin s.d Kamis. Kelas III – VI kegiatan ekstrakurikuler dimulai setelah kegiatan Intrakurikuler selesai yaitu pukul 12.45 – 14.00 WIB. Untuk Kelas I dan II yang masuk pagi, kegiatan ekstrakurikuler dimulai pukul 10.00 – 11.30. Sedangkan kelas I dan II yang masuk siang, kegiatan ekstrakurikuler dimulai pukul 08.00 – 09.30 WIB.
13.     Siswa yang pulang karena sakit / keperluan lain dalam jam pelajaran berlangsung harus mendapat ijin dari guru piket atau kepala sekolah.
14.     Siswa yang tidak masuk karena sakit / karena sesuatu hal harus memberi surat keterangan dari dokter / orang tua / wali atau menghubungi wali kelas masing-masing melalui SMS/WA/BBM.
15.     Piket kelas dilaksanakan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, sesuai dengan jadwal piket.

II. SERAGAM SEKOLAH
1.    Siswa pada hari Senin memakai seragam putih putih, topi, dasi, kaos kaki putih dan
       sepatu hitam.
2.    Siswa pada hari Selasa memakai seragam olahraga, kaos kaki dan sepatu bebas.
3.    Siswa pada hari Rabu memakai seragam pramuka (lengkap dengan atributnya), kaos kaki
       hitam dan sepatu hitam.
4.    Siswa pada hari Kamis memakai seragam batik dan celana putih, kaos kaki dan sepatu bebas.
5.    Siswa pada hari Jumat memakai seragam muslim, kaos kaki dan sepatu bebas.


III. KEWAJIBAN SISWA
1.    Siswa hormat, patuh dan sopan kepada Kepala sekolah, guru, serta karyawan sekolah.
2.    Siswa wajib menjunjung tinggi norma dan kesepakatan dengan sesama warga sekolah.
3.    Siswa wajib menjaga nama baik sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah.
4.    Siswa wajib mengerjakan tugas yang diberikan Bapak / Ibu guru.
5.    Siswa yang bersepeda menempatkan sepeda ditempatnya dengan rapi dilengkapi  dengan
pengaman.
6.    Semua siswa wajib menaati tata tertib yang berlaku.




IV. HAK- HAK SISWA
1.    Siswa berhak mengikuti pelajaran sampai akhir pelajaran.
2.    Siswa berhak mendapat perhatian dan layanan sekolah sesuai dengan peraturan yang
berlaku.
3.    Siswa berhak menggunakan fasilitas sekolah sesuai dengan petunjuk dan izin
penggunaannya.
4.    Siswa berhak mendapatkan pembelajaran yang baik sesuai dengan sarana dan prasarana yang mendukung.  

V. LARANGAN – LARANGAN DI SEKOLAH
1.    Siswa dilarang meninggalkan kelas tanpa ijin.
2.    Siswa dilarang membuat keributan di dalam dan diluar sekolah.
3.    Siswa dilarang makan / minum di dalam kelas saat pelajaran berlangsung.
4.    Siswa dilarang membeli makanan / minuman pada saat jam pelajaran berlangsung.
5.    Siswa dilarang membawa senjata tajam yang tidak ada kaitannya dengan proses belajar
       mengajar.
6.    Siswa dilarang terlibat tindakan kriminal baik di dalam maupun di luar sekolah.
7.    Siswa dilarang mencoret-coret semua fasilitas sekolah ( tembok, meja, kursi, dsb )
8.    Siswa dilarang membawa HP, tablet, games dan sejenisnya.
9.    Siswa putra dilarang : berambut gondrong dan memakai asesoris wanita.
10. Siswa putri dilarang : make up , mengecat dan memanjangkan kuku serta asesoris yang
       berlebihan.
11. Siswa dilarang memakai sandal dan sepatu hak tinggi.
12. Siswa dilarang meninggalkan buku pelajaran di dalam kelas.
13.  Siswa dilarang berkelahi dengan teman sekolah maupun dengan pihak lain.
14. Siswa dilarang bermain bola atau kegiatan olahraga selain pada saat jam pelajaran   
        olahraga.
15.  Siswa dilarang naik sepeda di halaman sekolah pada saat jam istirahat.
16. Siswa dilarang membawa sepatu roda ke sekolah.

VI. SANKSI – SANKSI
1. Ketentuan untuk sanksi keterlambatan disesuaikan dengan harinya. Adapun ketentuannya   
    adalah sebagai berikut :
    a. Hari Senin       : Siswa yang terlambat diperbolehkan masuk ketika upacara selesai.
    b. Hari Selasa     : Siswa yang terlambat diberikan bimbingan oleh kepala sekolah/guru  
                                 piket dan diperbolehkan masuk kelas setelah senam bersama selesai.
    c. Hari Rabu       : Siswa yang terlambat diberikan bimbingan oleh kepala sekolah/guru
                                 piket dan diperbolehkan mengikuti kegiatan pramuka setelah mendapat
                                 izin dari kepala sekolah/guru piket.
    d. Hari Kamis     : Siswa yang terlambat diperbolehkan masuk setelah pelaksanaan apel
                                 selesai.
    e. Hari Jumat      : Siswa yang terlambat diperbolehkan masuk setelah pelaksanaan solat
                                 dhuha dan kultum selesai.
2. Bagi yang melanggar tata tertib ini akan diberikan sanksi yang mendidik dan dengan
    harapan agar tidak mengulangi kesalahannya.
3. Tata tertib ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.



Mengetahui,
Ketua Komite




Letkol Marinir Drs. Firdaus, M.Pd
Jakarta, 19 September 2016
Kepala Sekolah




Budi Santoso, S.Pd

Tidak ada komentar: